Tips Bagi Anda Pencinta Belanja Online

Belanja Online Kini Termasuk Ke Dalam Gaya Hidup Modern

Hadirnya sistem belanja online yang sangat diminati semua orang memudahkan kita untuk mendapatkan sesuatu tanpa harus berbelanja langsung.Produk yang dijual di toko online relatif lebih beragam dan menarik, sehingga konsumen jelas memilih untuk bertransaksi secara online ketimbang harus membuang waktu berjalan ke toko pada umumnya.

Namun sebelum melakukan jual-beli online lebih baik jika Anda memperhatikan beberapa hal berikut agar senantiasa aman dan tidak perlu khawatir akan merugi.

Mengecek Toko Online

Jika Anda hendak berbelanja di situs toko online, sebaiknya meneliti terlebih dahulu situs web tersebut. Lihatlah bagaimana tampilan website toko, apakah bisa dipercaya atau tidak. Toko online yang terpercaya pastinya tidak akan membuat desain web yang asal jadi saja. Untuk menarik konsumen desain web akan dibuat semenarik mungkin. 

Selain melihat dari tampilan situs, penting juga untuk melihat update produk, seperti stock, ongkos kirim, perubahan harga serta yang paling penting adalah deskripsi produk. Jika Anda tidak membacanya secara teliti, dan ternyata barang yang sudah dibeli tidak sesuai dengan kemauan konsumen, risiko yang paling mungkin terjadi adalah merugi. Ingatlah bahwa biasanya produk yang sudah ada di tangan konsumen yang berbelanja online, tidak dapat ditukar maupun dikembalikan.

Setelah itu lihat juga nama domain dari toko online tersebut, analisalah apakah domainnya berbayar atau domain gratis seperti blogspot.com, wordpress, dan lain sebagainya.

Membaca Kelengkapan Informasi

Sebelum membeli, cari informasi terkait penjual atau pemilik toko di laman toko onlinenya. Lihat secara seksama kontak yang bisa dihubungi baik kontak WhatsApp, akun Line atau jenis kontak lainnya. Tips tambahan, jika sudah di tahap ingin mentransfer sejumlah uang, cek terlebih dahulu nomor rekening dari online shop terkait. Cek riwayat rekeningnya, apakah toko tersebut pernah melakukan penipuan atau tidak. Dapatkanlah informasi sebanyak-banyaknya dan sejelas mungkin.

Perhatikan Kebijakan Toko Online

Toko online yang resmi tentu memiliki kebijakan situs, namun meskipun sudah menemukan laman kebijakannya, Anda harus tetap membaca secara teliti dan jangan sampai di kebijakan itu ada poin yang merugikan Anda sebagai konsumen.
Baca juga soal kebijakan tentang pengembalian barang. Misalnya jika barang sudah sampai di tangan konsumen ternyata ada kecacatan fisik produk, Anda perlu memberikan complain dan pastikan ada garansi untuk pengajuan penggantian barang. Karena bagaimanapun berbelanja online akan sangat berbeda dengan belanja secara langsung.

Mengecek Keamanan Situs Web

Untuk bisa melihat keamanan situs web, cek tanda berupa gambar gembok pada bagian alamat situs di url browser Anda. Pengecekan ini sebaiknya dilakukan sebelum Anda mengisi data pribadi. Ketika Anda diminta untuk menginput informasi nomor kartu kredit, lihat alamat website  apakah mengalami perubahan dari http ke ‘https’ atau ‘shttp’. Jika ada perubahan, maka informasi pembayaran dan situs tersebut dienkripsi dan hal tersebut aman untuk Anda.

Manfaatkan Bantuan Google

Pastikan toko online yang ingin Anda kunjungi, terpercaya. Untuk bisa memastikan itu, gunakan keyword tertentu di search engine. Misalnya “online shop X penipu” jika ada testimoni pelanggan yang mengatakan bahwa online shop tersebut melakukan penipuan, sebaiknya Anda mencari toko online lain untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Sebab khawatirnya jika pemilik toko akan mencari target penipuan lainnya.

Cetak dan Simpan Bukti Transaksi Anda

Cara ini sangat bijak dilakukan oleh konsumen belanja online karena data lebih terdokumentasi dan mencegah terjadinya permasalahan yang mungkin terjadi. Kebanyakan sistem penjualan online akan mengirimkan link ke email Anda yang berisi koneksi ke laman web lain untuk melakukan konfirmasi pembelian dan pembayaran.

Gunakan Password yang Sulit Ditebak

Setiap keamanan yang berhubungan dengan akun online, salah satu langkah mengamankannya adalah menggunakan password yang kuat. Mengapa hal ini penting? Karena jika password Anda lemah, hacker bisa dengan mudah mengetahui password Anda. Pada setiap akun belanja online yang Anda miliki, seharusnya password dibuat kuat, unik dan rutin diperbarui. Hindari penggunaan password dengan nama Anda, hari ulang tahun, atau angka berurutan yang sangat mudah ditebak. Gunakanlah kode yang unik untuk password akun Anda.

Belanja Di Toko yang Sudah Terkenal

Apabila ada keraguan untuk melakukan pembelian di toko online yang masih belum Anda kenali, sebaiknya berhati-hati, cek terlebih dahulu testimoni dan kontak yang bisa dihubungi. Alangkah lebih baik jika Anda sudah mengenal online shopnya atau mendapatkan rekomendasi dari teman atau keluarga Anda yang pernah berbelanja di toko tersebut. 

Sebaiknya Anda belanja online melalui marketplace. Sebab sudah pasti aman dan terjamin tanpa penipuan karena pastinya sudah ada perjanjian bagi online shop yang sudah terdaftar di suatu marketplace. Jadi Anda tidak perlu resah dengan risiko penipuan dan kondisi barang. Sedikit tambahan, keuntungan berbelanja di marketplace adalah Anda akan sering mendapatkan promo atau potongan harga.

Beberapa tips di atas dapat Anda lakukan untuk bertransaksi online secara aman. Jangan lupa untuk selalu melihat dan memperhatikan detail secara teliti ya. Happy shopping!