Belanja Online Gaya Hidup Modern Saat ini

Belanja Online Gaya Hidup Modern Saat ini

Kemajuan teknologi belakangan ini memudahkan kita dalam urusan memenuhi kebutuhan hidup salah satunya berbelanja online. Beberapa online shopping atau situs e-Commerce banyak di kunjungi seperti Bukalapak,Shopee,Lazada dan Tokopedia. Kemudahan masyarakat menjadi kan e-Commerce banyak dikunjungi karena kemudahan akses internet saat ini, yang dapat diakses oleh siapa saja dan dimana saja.

Semua Pengetahuan Mengenai E- Commerce, e-commerce dapat diartikan sebagai transaksi jual beli barang atau jasa dengan media jaringan komputer yang terkoneksi dengan internet disebut juga sebagai mall online dengan beberapa Marketplace dan toko online di dalamnya.

E-commerce 

E-commerce atau electronic commerce adalah model bisnis yang memungkinkan individu dan konsumen atau pelaku usaha menjalankan bisnis melalui jaringan internet dengan sangat mudah dan praktis E-commerce menggunakan  dana elektronik, pertukaran data, dengan sistem otomatis.

Situs e-Commerce Di indonesia ” Munculnya akses internet sekarang ini memudahkan banyak orang untuk memenuhi kebutuhannya tanpa perlu repot berbelanja ke offline store”…

Bukalapak

Anda pasti sudah tidak asing dengan Bukalapak, pada awal tahun 2010 pendiri bukalapak Zaky Terilhami mendirikan bukalapak bersama temannya situs bukalapak awalnya berdiri untuk memudahkan kalangan UKM dalam negeri memasarkan produknya juga memenuhi kebutuhan masyarakat yang mulai konsumtif. Kemudahan itu membuat Bukalapak lumayan di gandrungi entah itu sebagai pemenuh kebutuhan masyarakat atau menjalankan usaha selain pembelian produk bukalapak juga 

Shopee 

Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura, Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng diluncurkan pertama kali pada tahun 2015. Saat ini Shopee dikelola oleh Garena Group yang berganti namanya menjadi SEA Group dan didirikan oleh Forrest Li pada tahun 2009.

Salah satu keunggulan Shopee adalah dengan adanya promo gratis ongkir, pembayaran dan proses transaksi yang cukup mudah dan didukung banyaknya promo yang menarik, ke mudah dalam pengecekan resi yang praktis juga banyaknya promo cashback menjadikan shopee aplikasi belanja favorit pertama di indonesia perbandingan harga yang jauh dari harga pasar juga membuat Shopee disukai

Untuk menangkap lebih banyak konsumen, shopee juga meluaskan jaringan gratis ongkir ke beberapa pulau di indonesia. Gimana nih pasti kamu tertarik kan!

Lazada

Lazada indonesia didirikan pada tahun 2012 dan masih beroperasi hingga kini Lazada sendiri didirikan oleh Rocket Internet, perusahaan internet yang berkantor pusat di Berlin, Jerman. Lazada pertama kali berdiri pada tahun 2011 dan berkantor pusat di Singapura sebelumnya lazada memang lebih mengincar pasar Asia Tenggara. Lazada ingin meniru model bisnis retail online terbesar dunia yaitu Amazon. 

Salah satu keunggulan lazada yaitu produk yang ditawarkan sangat beraneka ragam dengan berbagai diskon pembelian yang cukup beraneka ragam bebas ongkos kirim juga untuk beberapa wilayah di Indonesia 

Lazada juga Melayani adanya COD atau Cash On Delivery. Hal ini berguna memudahkan konsumen yang tidak memiliki rekening serta untuk para pembeli yang merasa kurang percaya jika melakukan transaksi langsung tanpa melalui marketplace.

Tokopedia

Tokopedia sendiri didirikan pada tahun 2009 pendirinya adalah William Tanuwijaya & Leontinus Alpha Edison. Tokopedia juga terus berkembang bersama puluhan ribu merchant yang ada. Mereka menciptakan lapangan pekerjaan serta bisa memudahkan pembelian konsumen pada beberapa produk yang ada di Lazadanya secara langsung. Jadi, tidak lagi khawatir jika nantinya bisa bertemu langsung dengan para penjual yang ada. Intinya semua orang nantinya bisa dengan mudah untuk melakukan pembelian kapanpun itu dan dimanapun kalian berada! 

Penampilan website yang cukup simpel memudahkan konsumen dan penjual bertransaksi secara online proses yang mudah ini membuat masyarakat menjadikan tokopedia salah satu tidak hanya dapat melakukan transaksi secara online  tokopedia juga hadir dengan promo game menarik disini, kamu bisa berinteraksi dengan pengguna Aplikasi Tokopedia lainnya. Mengikuti Kuis dan juga voting untuk memenangkan berbagai hadiah yang menarik.

  • Menjadikan Tokopedia startup Unicorn kedua asal Indonesia setelah Gojek

Unicorn sendiri adalah  startup yang dilansir oleh Venturebeat. Untuk saat ini sekiranya sudah terdapat 229 startup yang termasuk dalam kategori Unicorn dan memiliki valuasi senilai 1 miliar dolar Amerika (sekitar Rp 13,1 triliun) bahkan lebih. Pernyataan ini sudah terlampir oleh salah satu situs yakni teknokompas.com.

Hidup Dengan Kemudahan Berbelanja 

Di era modern saat ini dengan seluruh kecanggihan teknologi sudah memberikan banyak kemudahan dalam bertransaksi bagi kita selaku para konsumen maupun para produsen. Hal ini tentu saja membuat masyarakat jadi lebih konsumtif akan kebutuhan. Pada era digital saat ini, kita bisa dengan mudah untuk melakukan adanya sebuah interaksi, dalam jangkauan yang cukup luas walau jaraknya terlampaui jauh. Asal adanya akses pada jejaring internet, bisa jauh lebih mempermudah segala aktivitas kalian pada era digital ini. Intinya, pastikan memiliki sebuah provider yang mumpuni dalam melakukan setiap tindakan yang berbau dengan dunia digital ini.

Dengan adanya kemudahan ini bukan tidak mungkin para pelaku usaha lebih memanfaatkan Marketplace untuk bertransaksi, saat jangkauannya lebih luas proses yang ditawarkan juga sangat mudah. Era digital juga sudah memicu penjualan menjadi lebih berkembang pesat. Gaya hidup berbelanja masyarakat sekarang yang berkembang seiring berjalannya waktu berubah sesuai perkembangan zaman. Para pelaku bisnis menjadikan Indonesia menjadi pasar yang sangat potensial untuk memasarkan produknya.

Banyaknya pilihan cara bayar juga menjadi salah satu yang dipertimbangkan khususnya oleh konsumen semakin mudah dan praktis semakin disukai, beberapa cara pembayaran seperti transfer bank, kartu kredit, rekening bersama, dan  internet banking bahkan untuk yang tidak memiliki rekening bisa menggunakan metode pembayaran Cash On Delivery (COD) dan juga dengan tunai di gerai retail seperti Alfamart dan Indomaret.

Belum lagi baru-baru ini beberapa marketplace menyediakan sistem Pay later yang artinya konsumen bisa lebih praktis dan cepat bisa dibilang fitur Pay Later jauh lebih praktis selain konsumen bisa mengambil metode cicilan limit yang diberikan pun sangat lumayan.

E-Commerce Memberikan Banyak Kemudahan

E-Commerce dan Marketplace perdagangan secara elektronik yang menggunakan akses internet dan ponsel pintar saat ini melibatkan transfer dana dan data elektronik, oleh sebab itu keamanan menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh pengguna baik itu untuk konsumen atau penjual.

Pembelian secara online biasanya membandingkan pembelian offline, keuntungan dalam pembelian online biasanya harus lebih  dari apa yang pembelian offline artinya perlu adanya promo-promo yang dapat menarik pasar kemudahan juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Dari kemudahan mengakses pilihan produk pilihan produk yang beragam dan harga yang jauh lebih murah, kemudahan dalam melakukan pembelian, kemudahan pembayaran sampai dengan kemudahan sampai ke tahap pengiriman barang.

Sebagai seorang yang lebih memilih berbelanja secara online anda juga harus memastikan keamanan akun jangan sampai anda merugi. Kerahasiaan data perlu di perhatikan mengingat maraknya kasus pembobolan data pada E-Commerce. Salah satu sistem ke aman ketika konsumen hendak melakukan transaksi perlu adanya kode One Time Password( OTP) sebelum transaksi dilakukan pastikan kode yang anda gunakan tidak diketahui orang lain 

Belanja  online menjadi pilihan yang dipilih dalam hal berbelanja, baik itu berbelanja produk gadget, fashion, skincare alat musik dan bahkan produk yang biasanya kita dapat beli di supermarket seperti popok dan susu bayi, belum lagi dengan banyaknya promo menarik yang ditawarkan beberapa marketplace seperti Bukalapak, Shopee, Lazada dan Tokopedia yang sebelumnya sudah kita bahas di atas. 

Terakhir, kalian hanya tinggal menentukan atas sebuah pilihan kalian sendiri. Dimana, hal ini sudah mencakup pada pilihan untuk menjadi seorang konsumen ataupun menjadi seorang penjual. Yang nantinya, sama-sama menggunakan adanya E-Commerce sesuai pada kebutuhan kalian sendiri.