Lakukan 10 Tips Ini Sebelum Mengecat Rambut

Mengganti warna rambut akan memberi suasana yang baru bagi penampilan Anda. Meskipun mewarnai rambut membutuhkan komitmen tersendiri bagi pelakunya untuk selalu memperhatikan dan merawat rambut berwarna agar tidak rusak dan cepat pudar. Nah, sebelum memutuskan untuk mewarnai rambut, agar tidak salah langkah dalam memilih warna dan perawatan rambut, simak dulu 10 tips penting yang mesti Anda tahu sebelum melakukan pengecatan pada rambut.

Mencari Referensi di Internet

Jika Anda berniat untuk mewarnai rambut, sebaiknya riset terlebih dahulu warna apa yang kira-kira cocok dengan kepribadian dan warna kulit juga tentunya. Anda dapat mencari referensi pewarnaan rambut di platform seperti Instagram atau Pinterest. Setelah mendapatkan gambar model pewarnaan rambut yang Anda inginkan, seperti misalnya balayage, ombre, highlight, atau apapun itu, Anda bisa menyerahkannya ke hairstylist untuk mewujudkan warna rambut yang sesuai dengan yang Anda inginkan.

Sesuaikan Dengan Lifestyle


Jika Anda adalah orang yang cukup sibuk dan tidak memiliki waktu banyak untuk merawat rambut, sebaiknya pilih warna yang aman seperti espresso sampai burnt caramel. Sebab warna-warna tersebut tidak akan membuat rambut Anda kelihatan aneh saat tumbuh. Jika Anda menyukai warna-warna yang sedang hits, serta rela untuk mempersiapkan waktu dan dana lebih banyak untuk perawatan rambut, maka cocok bagi Anda untuk memilih warna ash blonde hingga grey. Pastikan bahwa Anda memiliki waktu untuk retouch ke salon dalam waktu yang cukup rutin.

Membuat Janji Dengan Hairstylist

Buatlah janji dengan hairstylist untuk mengkonsultasikan warna rambut yang  Anda inginkan. Tunjukkan contoh yang telah ditemukan dari internet. Jangan lupa untuk memberitahukan lifestyle Anda, dan tanya estimasi harga yang diperlukan untuk bisa mendapatkan sbobet88 warna rambut impian Anda. Hal ini cukup penting sebagai gambaran, jika memang Anda sudah siap untuk melakukan hair coloring dan perkiraan hasilnya akan seperti apa.

Sebaiknya Percayakan Keseluruhan Kepada Ahlinya


Jika baru memiliki pengalaman mewarnai rambut pertama kali, jangan coba untuk melakukan teknik yang seharusnya dilakukan oleh seorang hairstylist. Jangan menghighlight, ombre atau balayage sendiri atau tidak dengan ahlinya. Teknik-teknik pewarnaan rambut tersebut sulit dan membutuhkan waktu yang tidak singkat, selain itu juga akan menambah kocek lebih banyak jika Anda harus mengoreksi bagian yang salah. Perlu diingat bahwa Anda akan berhubungan dengan zat kimia dan warna permanen. Maka keahlian dari seorang hairstylist sangat dibutuhkan. Karena mereka dilatih selama beberapa lama untuk menghasilkan warna rambut terbaik bagi konsumennya.

Mempersiapkan Rambut

Sehari sebelum proses pewarnaan rambut, pastikan untuk keramas dengan clarifying shampoo dan menggunakan kondisioner setelahnya. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan sisa yang mungkin bisa menurunkan kualitas pewarnaan dan nutrisi rambut agar tidak kehilangan kelembabannya.

Warna Rambut Anda Tidak Akan Sama Persis Seperti di Color Chart Salon

Hasil akhir dari pewarnaan rambut Anda, akan sangat tergantung pada warna dasar rambut Anda. Jika warna rambut asli Anda hitam, maka misalnya warna light caramel yang Anda inginkan, pasti tidak akan sama persis dengan contoh yang ada di box cat pewarna atau pada contoh di color chart salon tempat Anda mewarnai rambut.

Jika Hairstylist Meminta Anda Untuk Treatment Langsung, Lakukan


Jika hairstylist Anda meminta untuk langsung melakukan treatment setelah proses pengecatan rambut, lakukan saja. Hal ini perlu dilakukan karena rambut Anda termasuk rapuh akibat proses bleaching atau cat biasanya yang membuat partikel pada rambut menjadi rusak, kering dan mudah patah. Perawatan setelahnya akan memberi nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut Anda.

Mengganti Perawatan Rambut Sehari-hari

Cara merawat rambut juga harus disesuaikan dengan warna rambut yang Anda pilih dan dapatkan. Anda harus siap untuk mengganti shampoo, conditioner dan masker rambut tanpa sulfat untuk menjaga rambut berwarna tetap sehat dan mempertahankan warna rambut Anda lebih lama.

Menghitung Jumlah Pengeluaran Untuk Perawatan

Sudah siap secara finansial untuk melakukan perawatan rambut berwarna? Mari kita mengkalkulasikan kira-kira berapa budget yang harus dikeluarkan untuk merawat rambut. Pertama, untuk meretouch akar rambut, membutuhkan modal sebesar 600.000-800.000 rupiah, salon treatment perbulan membutuhkan 400.000-750.000 rupiah, berbagai produk perawatan rambut 250.000-1.500.000 rupiah. Jika dihitung-hitung total yang harus Anda keluarkan untuk menjaga kilau rambut, kesehatan dan warna yang tahan lama adalah sekitar 1.250.0000-3.000.000 rupiah untuk setiap bulannya. Jika dilakukan secara rutin, hasil dari pewarnaan rambut Anda tentunya akan lebih maksimal.

Menghindari Sinar Matahari Secara Langsung dan Air

Kedua hal ini bisa mempercepat proses memudarnya warna rambut Anda. Untuk rambut yang diwarnai, disarankan untuk mencuci rambut dua hari sekali dan semprotkan UV protection pada rambut sebelum beraktivitas di luar ruangan. Jangan melewatkan tahap ini karena ini sangat penting untuk mempertahankan keluarnya warna rambut Anda. Untuk UV protection bagi rambut, Anda bisa membelinya di salon atau drugstore yang menjualnya dengan perkiraan harga sekitar 800 ribuan. 

Itulah tips-tips yang bisa menjadi panduan bagi Anda jika ingin mengganti warna rambut. Perhatikan warna rambut yang sesuai dengan warna kulit Anda. Jangan sampai pemilihan warna rambut yang tidak tepat membuat Anda menyesal dan justru menambah pengeluaran untuk menggantinya kembali. Pastikan Anda memiliki dana dan waktu yang cukup untuk melakukan perawatan rambut berwarna di salon tempat Anda mengecat rambut.