Ojek online, profesi yang membantu masyarakat

Pada era digital modern saat ini, nampaknya hidup kian ingin yang praktis, cepat, dan tidak bertele-tele. Salah satu profesi yang telah membantu banyak masyarakat ialah ojek online. Ojek online telah resmi dirilis pada tahun 2015 yang di komando kan oleh PT Gojek Indonesia yang dimana telah membantu banyak orang yang sedang mencari profesi pekerjaan. Sejak tahun 2017 jumlah mitra yang telah bekerja sama dengan PT Gojek mencapai sekitar 250.000 orang, sedangkan mitra Grabbike telah mencapai sekitar 150.000 orang.

Manfaat ojek online disekitaran masyarakat

Ojek online ini telah dirilis resmi pada tahun 2015 dan telah mengundang banyak mitra untuk bergabung menjadi ojek online dan di dirikan oleh Nadiem Makarim salah satu pengalamannya menjadi ojek konvensional atau ojek pangkalan. Namun, nyatanya profesi ini sangatlah membantu disekitaran masyarakat. Ojek online ini telah berada di 16 kota besar di Indonesia.

Profesi ini memiliki banyak ragam bukan hanya mengantar-jemput penumpang. Tetapi karna adanya daring online ini, masyarakat dapat meminta bantuan untuk mengantar makanan ataupun membeli barang yang dibutuhkan. Hal ini disebut dengan goshop dan gofood. Banyak para orangtua yang belum sempat memasak akhirnya membeli makanan lewat gofood dimana ojek online membeli makanan disuatu tempat yang telah dituju oleh konsumen lalu mengantarkan ke alamat tersebut. Bahkan kalangan anak-anak remaja pun merasa terbantu dengan adanya ojek online.

Bahkan tidak sedikit yang meminta bantuan ojek online untuk meminta pertolongan. Ojek daring online ini telah menjadi profesi viral sesaat. Karena, menurut data litbang kompas, rata-rata pendapat ojek daring online hanya sekitar Rp 3,31 juta sehingga dari survei yang telah dilakukan pendapat dari profesi ini pada tahun 2019 terhadap penggunanya sekitar 200 pengemudi ojek online di Ibukota, Jakarta, sebanyak 81% responden.

Pro dan kontra adanya ojek online

Namun nyatanya, profesi ojek online ini telah mengundnag banyak pro dan kontra. Mengapa demikian? Berikut penjelasannya.

Banyak nya ojek pangkalan dan ojek online sewaktu awal di rilis mengundang keributan. Karena, banyak pelanggan dari ojek pangkalan telah beralih ke ojek online sehingga menimbulkan ke iri an satu profesi dengan profesi lainnya. Perdebatan ini nampaknya terjadi sangat lama karena para ojek pangkalan sering merasakan iri terhadap profesi ojek online.

Hal ini tentu menimbulkan keresahan dan sikap was-was bagi keluarga ojek online karna ojek pangkalan seringkali bermain fisik atas sikap iri nya tersebut. Sehingga tidak jarang, bahwa awal mula di rilisnya ojek daring online ini banyak yang terluka karna perdebatan satu sama lain. Namun, tak jarang masyarakat yang memesan ojek online ini ketika ingin bepergian kesuatu tempat. Memesan ojek online inipun sangant mudah hanya dengan mengunduh aplikasi nya di google play store lalu tinggal memesan lewat aplikasi itu.

Harga yang tertera pada ojek online ini pun beragam. Ojek online memasang tarif sesuai dengan alamat mana yang akan kamu tuju. Harga nya pun tidak terlalu mahal hanya sekitaran dari Rp5.000 untuk jarak terdekat jika dibandingkan dengan ojek-ojek pangkalan atau ojek konvensional harga yang tertera sangatlah jauh lebih mahal tentunya hal tersebut masyarakat lebih memilih ojek online. Didalam aplikasi ojek online itupun sering mengadakan promo sehingga membuat customer kesenangan dan ingin memesan ojek online lagi jika ingin bepergian ke suatu tempat.

Kesimpulan pengaruh ojek online terhadap masyarakat

Berdasarkan pendapat dari beberapa masyarakat tentu saja profesi ini sangatlah membantu masyarakat sekitar, cara pemesanannya pun sangat mudah hanya lewat aplikasi yangharus di instal terlebih dahulu. Namun, tentu saja ke iri an terhadap ojek-ojek pangkalan atau ojek konvensional sangat tidak bisa di pungkiri. Sebagian ojek konvensional merasa sangat dirugikan dengan adanya profesi online ini. Mereka tidak ada keinginan untuk bergabung menjadi bagian dari ojek online

Beberapa pasangan berkeluarga merasa sangat senang karna ekonomi nya dapat terbantu sedikit demi sedikit karna telah bergabung menjadi bagian dari ojek online yang tentunya disukai banyak masyarakat. Ojek online sangatlah praktis, cepat, dan aman maka dari itu pula salah satu alasan kenapa masyarakat sangan menyukai adanya profesi ojek online tersebut